Lembaga Penjaminan Mutu

Hari ke-3 In House Training ISO 9001:2015

Hari ke-3 pelaksanaan In House training ISO 9001:2015 oleh LPM UIN Alauddin Makassar menjadi momen berharga bagi seluruh peserta training. Hal ini dikarenakan pembahasan materi kegiatan ini lebih teknis dari pada hari pertama dan kedua. Mulai dari pengertian Audit Mutu hingga bagaimana teknik mengaudit termasuk membuat daftar tilik dan pertanyaan. Bapak Muhammad Nur Akbar Rasyid, M.Pd., M.Ed., Ph.D. selaku pemateri didampingi oleh Bapak Irwan S.Si., M.Si sebagai Moderator memberikan banyak masukan dan respon kepada peserta.

Sembari materi berlangsung salah seorang peserta training, Bapak Ilhamsyah, S.Kep., Ns., M.Kep. memberikan usulah terkait pelaksanaan AMI yang dilaksanakan berdasarkan TS yaitu bulan agustus atau september agar audit pada bidang pendidikan bisa full semester. Selain itu, Bapak Ilhamsyah juga memberikan masukan agar instrumen yang digunakan disesuaikan dengan karakteristik prodi yang diaudit, mengingat di FKIK terdapat beberapa prodi memiliki karakteristik berbeda dengan prodi umum lainnya. Merespon pertanyaan tersebut, Bapak Dr. Umar Sulaiman, M.Pd selaku Kapus APM dan sekaligus sebagai peserta memberikan tanggapan yang positif dan menyatakan kedepan akan mempertimbangkan pelaksanaan audit dan instrumen yang akan digunakan. Selain itu, Bapak Muhammad Nur Akbar Rasyid, M.Pd., M.Ed., Ph.D menambahkan sebaiknya instrumen yang digunakan ke depan adalah instrumen berbasis standar mutu UIN Alauddin Makassar, beliau juga memperlihatkan contoh instrumen audit yang didalamnya terdapat penyataan standar mutu yang diukur.

Di akhir kegiatan, Panitia melalui Sekretaris LPM memberikan tugas kepada seluruh peserta In House Training berupa Monitoring dan Evaluasi sebagai output kegiatan dimana 27 peserta dibagi dalam 5 kelompok yang ditugaskan untuk memonev pascasarjana dan delapan fakultas lingkup UIN Alauddin Makassar.