Lembaga Penjaminan Mutu

Sambutan Serah Terima Jabatan Ketua LPM

Prof. Dr. Achmad Abu Bakar, M.Ag. menyampaikan sambutan Ketua LPM pada Kegiatan serah terima Jabatan Ketua LPM Periode 2019-2023 ke Ketua LPM baru Periode 2023-2024. Berikut beberapa ulasan yang menjadi catatan dan harapan untuk kepengurusan LPM UIN Alauddin Makassar Periode 2023-2027:

A. Penguatan dan Capaian LPM

Penguatan

  1. Tugas Pokok dan Fungsi LPM mengembangkan, mengaudit, memantau dan menilai sistem penjaminan mutu internal bidang akademik. Intinya  memastikan seluruh unit, lembaga, pusat terjamin kualitas mutu, tentu dengan mekanisme PPEPP
  2. Untuk menjamin terlaksananya kegiatan dengan baik, maka dilakukan ami (audit mutu internal), hasilnya akan dipresentasikan dalam RTM (rapat tinjauan manajemen) dan menghasilkan kebijakan pimpinan yang wajib di-monev untuk mengetahui seberapa jauh pelaksanaan kebijakan, berapa persen, mengapa gagal, dan upaya apa yang dilakukan untuk meningkatkan.
  3. Tingkatkan kinerja, lakukan inovasi-inovasi
  4. Tampakkan bahwa kita akreditasi A.
  5. Banyak berkomunikasi dgn Program Studi, misalnya dalam hal akselerasi lulusan tepat waktu, kurikulum, keberhasilan studi, SPMI Program Studi sangat lemah (harus ada mekanisme yg dibuat lpm, semacam workshop KPM-GPM dan ketua program studi tentang SPMI)

Capaian LPM

  1. Alhamdulillah akreditasi perguruan tinggi (apt) sudah lolos IPEPA, sehingga hanya menunggu SK perpanjangan akreditasi A di bulan Desember, selanjutnya menyusun ISK untuk bertransformasi ke unggul.
  2. Alhamdulillah, nilai akreditasi Program Studi, sejak awal kepemimpinan kami, 2019, dari 11 Program Studi C menjadi zero C; 11 Program Studi A menjadi 21 dan bertransformasi ke unggul sebanyak 3 Program Studi
  3. Alhamdulillah, awal tahun 2022 kami telah mengawal 13 Program Studi ISK ke BAN-PT, dan sudah keluar 3 hasilnya, yaitu 1 unggul, 2 baik sekali. Kita masih menunggu hasil ISK 11 Program Studi lainnya yg A = 6 (unggul) dan B = 5 (baik sekali)
  4. Alhamdulillah, kondisi terkini akreditasi Program Studi per-agustus 2023: UNGGUL = 3 Program Studi; BAIK SEKALI = 9 Program Studi; BAIK = 7 Program Studi; A = 18 Program Studi; B = 28 Program Studi; Akreditasi Minimal = 1 Program Studi magister kesehatan masyarakat. Sangat jauh berbeda dibanding saat awal kepemimpinan kita 2019
  5. Persiapan APT: IPEPA, AL, ISK. (on going = aman)
  6. Pemutakhiran kurikulum seluruh Program Studi sudah berjalan, meskipun diakui baru 37-an program studi yang ada dokumen kurikulumnya. Sebelumnya masih sangat minim Program Studi melakukan pemutakhiran kurikulum sebelum kami menjabat.
  7. Dokumen mutu tingkat universitas, aman, turunannya ke fakultas dan program studi ter progres tapi belum maksimal. Dakwah berjalan, FEBI aman; FKIK aman; FTK aman; SAINTEK aman; PASCASARJANA aman; USHULUDDIN aman; ADAB berjalan.
  8. Renstra, 2020 – 2024, aman. Segera dibuat untuk 2024-2028
  9. Website LPM sudah sangat maksimal sebagai sumber informasi. Bahkan menjadi rujukan PTKIN lain dalam mengakses dokumen mutu. Statistik pengunjung hingga kini mencapai kurang lebih 59 ribu pengunjung. Sangat jauh berbeda saat awal kepemimpinan kita 2019.
  10. Seluruh dosen yang ikut pekerti sudah mencapai 100%
  11. Keberfungsian KPM dan GPM sebagai penyanggah utama akreditasi Program Studi sudah on the track
  12. Serapan anggaran lpm rata-rata 95%
  13. Capaian pelaporan pd DIKTI rata-rata mencapai 100%, ini karena adanya pendampingan lpm ke Program Studi dan PUSTIPAD. Sangat jauh bila dibandingkan saat awal kepemimpinan kita 2019 yang rata-rata hanya 55%.

B. Persiapan akreditasi Program Studi 2023 dan 2024. Perlu persiapan khusus secepatnya borangnya (led dan lkps), meski 2 Program Studi sudah on going.

  1. Program Studi Pendidikan Fisika, akreditasi B, masa berakhir Desember 2023
  2. Program Studi Ilmu Komunikasi, akreditasi B, masa berakhir Desember 2023
  3. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, akreditasi B, masa berakhir Maret 2024
  4. Program Studi PWK, akreditasi B, masa berakhir Maret 2024
  5. Program Studi MPI, akreditasi unggul, masa berakhir April 2024
  6. Program Studi Ilmu Perpustakaan, akreditasi A, masa berakhir Juni 2024
  7. Program Studi Ilmu Hadis, akreditasi A, masa berakhir Juli 2024
  8. Program Studi perbankan Syari’ah, akreditasi B, masa berakhir Juli 2024
  9. Program Studi PIAUD, akreditasi B, masa berakhir November 2024
  10. Program Studi Ilmu Falak, akreditasi B, masa berakhir Desember 2024

C. Rekomendasi untuk Penjaminan Mutu Universitas:

Hal penting yg harus dilaksanakan:

  1. Penyusunan statuta (secepatnya)
  2. 2. Penyusunan renstra 2024
  3. 3. Kegiatan implementasi SPMI di setiap Program Studi di koordinir LPM dan dievaluasi per-triwulan
  4. 4. Penyusunan dokumen berupa pedoman dan Juknis yang belum tersedia dan revisi pedoman dan Juknis yang sudah lama di setiap kriteria (list dokumen sudah disediakan oleh tim apt)
  5. Penelitian di setiap Program Studi yang didanai, minimal 2-3 judul per tahun (kolaborasi dosen – mahasiswa) dengan anggaran minimal 25 juta per-judul.
  6. Pengabdian kepada masyarakat (PkM) di setiap Program Studi yang didanai minimal 2-3 judul (kolaborasi dosen dengan mahasiswa) dengan anggaran minimal 15 juta – 20 juta per-judul.
  7. Perlu kejelasan anggaran pelaksanaan kurikulum MBKM
  8. Kegiatan akselerasi jabatan fungsional dosen, tidak hanya ke guru besar, tetapi juga jenjang ke lektor kepala dan ke lektor
  9. Pelaksanaan tracer study secara terprogram oleh CDC dengan berbasis web (sedang berjalan)
  10. Workshop/review visi dan misi universitas dengan mengundang para stake holders (ini yang sangat penting krn belum pernah dilaksanakan sejak tahun 2011)
  11. Bantuan penulisan buku bagi mahasiswa (dicantolkan oleh dosen agar dinilai sebagai kolaborasi)
  12. Bantuan dan penyediaan anggaran untuk kegiatan prestasi mahasiswa baik akademik maupun non akademik terutama prestasi internasional
  13. Aplikasi perekaman penelitian, publikasi dan PkM di lp2maplikasi sarana dan prasarana di bagian umum
  14. Implementasi dashboard informasi mutu akademik dan non akademik sebagai pendukung utama akreditasi Program Studi dan perguruan tinggi baik dalam negeri maupun akreditasi internasional
  15. Benchmarking mutu akademik ke perguruan tinggi baik dalam negeri (PT. di luar KEMENAG) maupun perguruan tinggi luar negeri.

Catatan:

Terima kasih atas kerjasama dan dukungan ta’ semua pak sekretaris dan pak kapus, serta BPP.

Fungsi lpm untuk menjamin setiap Program Studi menuju akreditasi unggul dan atau akreditasi internasional, banyak hal yang harus disiapkan dan dilakukan namun perlu komitmen pimpinan untuk pendanaan yang memadai. Jika seperti 3 tahun terakhir ini hanya diberi anggaran kurang lebih 500 juta-an saja, dana itu hanya untuk kegiatan yang dititipkan di lpm dan pelaksanaan operasional internal lpm saja tapi untuk mengawal akreditasi internasional dan unggul (seperti UIN JAKARTA, JOGJA, dan UIN MALANG) tidak memungkinkan sama sekali. Oleh karena itu perlu ada perhatian khusus untuk peningkatan anggaran lpm ke depan. (sekedar pembanding, anggaran dana lpm Uin Malang sebesar 6 milyar lebih).

Alhamdulillah, alaa kulli haal selamat semua pimpinan lpm 2019-2023 yang sudah berjibaku demi lembaga yang tercinta dan mari kita doakan pimpinan lpm 2023-2027 agar senantiasa diberi kesehatan yang maksimal untuk dapat menjalankan amanah ini dengan baik.